Setelah semester 1 bersama Pak Rudy Hilkya

Standar

Wah tidak terasa satu semester terlewatkan, senin ulangan semester deh. Sebelum sibuk mempersiapkan untuk ulangan semester 1, sebelum saya akan menyampaikan kesan2 saya  belajar bersama pak Rudy 😀

Cara mengajar yang menyenangkan kayak waktu belajar ditemenin lagu hehe dan tidak menjadikan siswanya malas malah siswanya rajin dan disiplin (yah meski sering kali ada yang terlambat). Selalu ada kejutan ditiap pertemuan *waah :D, khasnya bapak sering sekali memberikan siraman-siraman motivasi di awal belajar maupun di akhir belajar kepada kami dan membuat lebih semangat *akan jadi bayangan saya pak 😀

Belajar dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari  membuatnya lebih mengerti, seperti membuat roket PVC, main electricity (yah saya kurang ahli pak 😦 ) dll.

rame juga nih buat roketnya, ayo pompa terus mas aang 😀

Pak Rudy juga terbuka akan informasi yaa dengan blognya http://fisikarudy.com/ banyak yang saya dapat dari blog bapak, seperti soal-soal begitu juga materi pelajaran. Waah banyak deh yang saya dapat dari bapak dan belajar bersama pak Rudy :D, mungkin banyak hal berkesan lainnya yang belum saya ungkapkan lewat postingan ini terima kasih pak semoga semester 2 nanti akan lebih berwarna 😀

Semoga terus buat fisikarudy 😀

 

Iklan

Roket Angin, huahahaha

Standar

Waaahh.. pengalaman yang menarik nih ??

Hari senin yang lalu kami lah lebih tepatnya VOLDIAN (sebutan penghuni XI-IA 2) untuk pertama kali berkesempatan menerbangkan roket kami. Panasnya matahari pagi meskipun bagus tidak membuat kami letih dan tetap semangat melakukan haha 😀

Dalam membuat roket kelompok kami  yaah  meskipun sederhana tapi bisa terbang kok hihihi 😀 yaah meskipun peran cewe kurang begitu tapi setidaknya ada membantulah.

Roket angin cara buatnya gimana ? yang pertama beli alat dan bahannya dulu yaah ! ini dia..:D

1. pipa paralon ukuran 3/4 dan  1/2

2. tutup pipa paralon juga ukuran 3/4 dan ½

3. plester hitam/ lakban hitam

4. lem corea

5. pentil ban

6. pompa

7. map plastik

8. gergaji besi

9. solder

Setelah semua alat dan bahan siap.. kerjain deh sesuai petunjuk yang ada 😀

Gini deeh jadinya roket hasil kelompok kami

Jen jeeeng ….:D

Selama pembuatan roket secara bersama ini ada sesi pemotrettan lho..ini ada liputannya simak yaa ?! hihi 😀

Waah..lgi testing nih pompa terus mas bangun hihi 😀 semangat semangat

iii.. si Dino malah ngeksis haha 😀 waah.. ada yg malu-malu tuh dibelakangnya ? senyum neeng ?

hari sudah mulai beranjak sore..kami pun mengakhiri pekerjaan ini. Thanks yaa buat kawan—kawan yang sudah membantu, saling membantu itu indah kn ? terutama buat kelompok aku nih yaitu kelompok 5 dengan anggota aku sendiri bersama Gabriella dan Alfattah . Thanks banget 😀

http://fisikarudy.com/

Fakta Tentang BUMI

Standar

Tidak ada planet lain seperti Bumi – sejauh yang kita tahu 😀  Bumi adalah planet unik di Sistem Tata Surya kita karena bumi adalah satu-satunya planet yg mempunyai kehidupan. Bumi mempunyai lingkungan yang sangat beragam, dari gurun yang amat panas sampai hutan hujan yang berkabut, tempat makhluk hidup tumbuh dengan subur selama jutaan tahun. Bumi masih berubah, dibentuk kembali oleh kekuatan-kekuatan alam dan aktivitas manusia yang semakin bertambah.

 ↑  Panjang keliling Bumi yang melewati Kutub sedikit lebih pendek daripada panjang keliling Bumi di bagian Ekuator. Meskipun terlihat bulat, planet ini mempunyai tonjolan tepat di sebelah selatan Ekuator.

Berapa besar Bumi ??

Bumi adalah planet Matahari terbesar kelima, dengan keliling 40.075 km dan berat sekitar 6.000 juta juta juta ton. Planet ini adalah bola batuan yang sebagian besar tertutup oleh air, dibungkus oleh lapisan-lapisan gas yang tipis dan bersifat melindungi, yaitu udara. Namun demikian, Bumi jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan planet Yupiter, yang besarnya lebih besar 300 kali lipat.

Kapan Bumi terbentuk ???

Matahari dan kesembilan planetnya terbentuk pada waktu yang kira-kira sama, sekitar 4.600 juta tahun yang lalu.  Bumi berkembang dari awan gas dan debu yang berputar-putar di ruang angkasa, yang terlumat menjadi satu oleh gravitasi. Sebagian besar materian di awan berkumpul di tengah menjadi Matahari. Serpihan awan yang tertinggal membentuk bola-bola gas dan bongkahan batuan planet. Salah satu bongkahan tersebut adalah Bumi.

Mengapa di Bumi terdapat banyak air ???

Di Bumi terdapat banyak air karena sekitar 71% wilayahnya adalah air. Air di planet ini terdapat di samudera, sebagai es di kutub dan di puncak gunung, di danau dan sungai, dan sebagai uap air yang ada di atmosfeer, yang turun sebagai hujan. Tempat di Bumi yang curah hujannya paling tinggi adalah di dekat Ekuator di pesisir pantai atau di kepulauan. Hujan turun hampir setiap hari di sebagian wilayah di Afrika Barat dan di wwilayah Amazzon di Brazilia.

→  Samudera mengandung  97%  air di Bumi dan tiga samudera terbesar (Pasifik,, Atlantik, dan Hindia) menutupi wilayah Bumi seluas 350 juta km persegi.

STATISTIK PENTING BUMI :

Keliling pada Ekuator                                       : 40.075 km

Keliling pada Kutub                                           : 40.008 km

Luas permukaan                                                 : 509.700.000 km persegi

Luas daratan                                                        : 29%

Luas perairan                                                      :  71%

Suhu tertinggi                                                     : 58◦C di Libya, Afrika Utara

Suhu terendah                                                    : -89,6◦C di Antartika

Bahan kimia yang paling berlimpah          : Oksigen 47%

                                                                                  Silikon 28%

                                                                                  Aluminium 8%

                                                                                  Besi 5%

cantiiknya.. !

Standar

Aurora Borealis di atas Danau Bear, Alaska

Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer  dari sebuah planet  sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik  yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).

Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub utara dan kutub selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /ɔˈɹɔɹə bɔɹiˈælɪs/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.

fenomena pelangi terbalik

Standar

Pelangi terbalik???

Wow.. kayaknya hal ini benar-benar langka. Tapi ada orang-orang yang bisa menyaksikannya. Fenomena alam ini dinikmati oleh penduduk Cambridge di Inggris. Seorang astronom Jacqueline Mitton berhasil mengabadikan fenomena ini, dia mengkatakan terbaliknya lengkung pelangi maupun susunan warnanya disebabkan tingginya Kristal es yang terdapat di lapisan atmosfer. Cahaya yang diterima kristal es tadi direfleksikan lagi ke langit, sedangkan pada pelangi normal terbentuk akibat sinar matahari yang menembus titik-titik air di angkasa. Warna pelangi terbalik itu tidak terlalu berbeda dengan pelangi biasa. Di bagian horizon berwarna merah. Lantas berpendar menjadi kuning dan hijau. Di bagian ujung berwarna biru. Dan menurut Simon, suami Mitton, warna pelangi yang terbalik itu lebih cerah disbanding pelangi biasanya, sebab bentuk kurvanya langsung menunjuk matahari. Selain di Inggris, di China tepatnya  di kota Laiyang, fenomena ini juga terjadi..

waaaahhh,,, beruntung banget yaa yang bisa liat fenomena itu … 😀

putri raja, ga ganti cd selama 3 tahun

Standar

warna isabella adalah warna yang sangat cantik.
warnanya kuning kecoklatan… warna yang cantik bila sebagai warna kulit.

kalau yang bingung warnanya kaya apa, kurang lebih warnanya seperti ini

warna isabella di ambil dari nama seorang Putri dari Austria (1566-1633), anak dari Raja Philip II (raja spanyol).

banyak orang menyangka bahwa warna tersebut di ambil dari warna kulit sang Putri (secara putri, asumsi orang2 pasti memiliki warna kulit yang indah dan juga mulus).
namun, pada kenyataannya tidak begitu.

warna isabella ternyata di ambil bukand ari warna kulit sang Putri, namun dari warna celana dalamnya.

waktu itu suami Isabella, Albert VII, Archduke dari Austria (1559-1621) mengepung Ostend pada Juli 1601 dan Isabella, mengharapkan kemenangan cepat. ia bersumpah untuk tidak mengganti celana dalamnya hingga kota tersebut dapat diambil. Pengepungan berlangsung lebih dari tiga tahun (berakhir pada bulan September 1604).

karena celana dalam tersebut sudah tidak di ganti selama 3 tahun. maka yang tadinya berwarna putih, sekarang berubah menjadi warna Isabella.

putri raja, ga ganti cd selama 3 tahun

Standar

warna isabella adalah warna yang sangat cantik.
warnanya kuning kecoklatan… warna yang cantik bila sebagai warna kulit.

kalau yang bingung warnanya kaya apa, kurang lebih warnanya seperti ini

warna isabella di ambil dari nama seorang Putri dari Austria (1566-1633), anak dari Raja Philip II (raja spanyol).

banyak orang menyangka bahwa warna tersebut di ambil dari warna kulit sang Putri (secara putri, asumsi orang2 pasti memiliki warna kulit yang indah dan juga mulus).
namun, pada kenyataannya tidak begitu.

warna isabella ternyata di ambil bukand ari warna kulit sang Putri, namun dari warna celana dalamnya.

waktu itu suami Isabella, Albert VII, Archduke dari Austria (1559-1621) mengepung Ostend pada Juli 1601 dan Isabella, mengharapkan kemenangan cepat. ia bersumpah untuk tidak mengganti celana dalamnya hingga kota tersebut dapat diambil. Pengepungan berlangsung lebih dari tiga tahun (berakhir pada bulan September 1604).

karena celana dalam tersebut sudah tidak di ganti selama 3 tahun. maka yang tadinya berwarna putih, sekarang berubah menjadi warna Isabella.